Jumat, 29 Juli 2011

VLC Media Player

Ada yang pernah denger VLC ga? Yupz, VLC singkatan dari VideoLAN Clients, merupakan pemutar media open source (100% gratis) terbaik saat ini. Media player ini dapat memutar berbagai macam format video atau bahkan audio (MPEG-1, MPEG-2,MPEG-4, DIvX, mp3, ogg, 3gp, dll). Disamping itu VLC dapat juga digunakan sebagai server untuk video streaming. Fungsi VLC ga hanya sebagai pemutar video aja tapi juga masih banyak lagi. Fungsi tools VLC antara lain:

1. Basic Image Adjustments



VLC mempunyai pilihan penyesuaian gambar. Di bawah tab Basic, kita bisa bermain-main dengan penyesuaian berbagai warna; Hue, Contrast, Brightness, Gamma, dll. Pada menyesuaikan warna, kita juga bisa melihat perubahan secara realtime.

2. Video Sharpness effect



Selain pilihan penyesuaian gambar, ada fungsi lain yaitu menyesuaikan ketajaman video. Di bawah tab Basic, mengaktifkan Sharpen option dan menyesuaikan sigma seperti yang diperlukan. Ini akan menunjukkan perubahan secara realtime sehingga kita akan dapat menyesuaikan ketajaman yang sesuai.

3. Transformasi ke sudut yang berbeda



Pilihan Transform bisa memainkan video dengan beberapa derajat. Mengaktifkan pilihan Transform akan mengaktifkan ciri putaran video. Ia menawarkan putaran di 90,180, dan 270 derajat. Ini berfungsi jika kita mempunyai video yang direkam melalui kamera dalam sudut yang berbeda

4. Pembesaran Video/ Zoom in & out



Ciri lain yang menarik adalah pembesaran Video. Di bawah tab Geometri, aktifkan enable Magnification/Zoom, dengan begitu kita bisa melakukan zoom in atau out pada video

5. Putaran Video



Dengan ciri-ciri putaran yang sangat baik, kita bisa memainkan video dari arah manapun. Aktifkan pilihan Putaran, dan putarkan.

6. Puzzle Game


Apabila kita menekan pilihan Puzzle Game, video akan menjadi potongan-potongan video. Masukkan jumlah jalur dan baris untuk menentukan bilangan puzzle yang kita mau .

Di bawah Color fun tab, kita dapat bermain-main dengan warna, tetapi ia tidak memaparkan pilihan warna. Kita perlu menulis kode warna untuk dimasukkan ke dalam video.Selain itu, melalui Color Extraction option, kita bisa memasukkan kode warna tertentu untuk dipaparkan dari video.

7. Panoramic view (Optimal untuk Muti-Screen)

Vout /Overlay mempunyai fungsi lain yang luar biasa, sehingga video bisa dibagikan kepada beberapa desktop.Di sebelah kiri,kita dapat menambahkan text dari setiap gambar.

8. Menambah Image/Logo



Dengan Overlay pilihan logo kita dengan mudah dapat memasukkan logo (PNG / format JPG) dalam video sebagai watermark. Untuk mengaktifkan fungsi ini, di bawah tab image, masukkan lokasi gambar di mana ia berada, tetapkan transparansi dan kedudukan logo tersebut.

9. Synchronization



Ini berfungsi untuk menetapkan subtitle atau pun video yang lambat.

10. Merakam Webcam Video





Merakam video dari webcam VLC adalah fungsi yang berlainan jika dibandingkan dengan media player lain. Untuk merakam video dari Webcam, di bawah menu Media, klik Capture Device. Dari Video device name, pilih webcam device dan klik Play. Ini akan mengaktifkan webcam, dan kita bisa mulai merakam video secara langsung.

11. Media Bookmarking


VLC bisa membuat pengguna memberi tanda.

12. Advance Open File


Fungsi Advance Open File ini kita dapat membuka file video bersama-sama dengan file audio.

13. Snapshots (formatPNG, JPG)



VLC dapat mengambil snapshot video. Dengan hanya menekan capture ia akan menjadikan frame video itu menjadi gambar/foto

14. Customize Interface



Ada begitu banyak fungsi dari VLC yang membuatnya berbeda dari media player lain, salah satunya adalah fungsi customize interface. Di bawah menu View, kita akan menemui Customize Interface

Untuk mendownload VLC bisa diklik disini

thanks to mrpiratz.com 

2 komentar: