Kamis, 18 Mei 2017

Backpackeran Ke Singapore - Persiapan

Dari tahun 2016 sebenernya udah ngarep banget bisa backpackeran ke Singapore kemudian ke Malaysia via transportasi darat (kereta). Mulai dari Itin sampe harga tiket sudah aku searching namun temen-temen yang aku ajak pergi ragu2 sampe akhirnya tahun ini tepatnya April 2017 aku bisa menginjakkan kaki ke Singapore. Manseee….!

Karena ga ada pengalaman backpakeran ke negeri orang, maka aku dan  temen-temen menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Lebay emang ya.. tapi semua ini dilakukan demi terciptanya kematangan dan kesenangan perjalanan kami. Dibulan Januari awal kami membentuk grup WA dan mengadakan pertemuan pertama guna merumuskan tanggal pasti keberangkatan. Kami berjumlah 4 orang dan 2 diantaranya sudah pernah ke Malaysia tahun lalu melalui sebuah agen dan 2 lagi belum punya passport, termasuk aku. Kami pun memutuskan awal bulan April 2017. Pembelian tiket pesawat berangkat dilakukan langsung melalui website Airasia dengan harga yang terbilang mahal dan tanpa bagasi.

Bulan Februari aku memutuskan untuk membuat E-passport (untuk mengetahui cara pembuatan E-passport bisa dibaca disini). Kami pun mulai berburu untuk membeli koper 20” (agar bisa masuk kabin pesawat). Pengalaman dari salah satu temen kami yang ke Malaysia, cukup melelahkan apabila hanya menggunakan rangsel meskipun piknik kami hanya memakan waktu 3 hari 2 malam. Aku bertugas membuat Itin, mencoba membaca peta MRT dan kedekatan tiap tempat wisata. Temanku, sebut saja mawar bertugas sebagai fasilitator, dari kami berempat hanya dia yang mempunyai kartu kredit sehingga memudahkan kami untuk bertransaksi melakukan pembayaran pesawat dan penginapan.

• Penginapan

Untuk penginapan temanku mawar menyarankan mengunjungi website airbnb.co.id dan kami pun mendapatkan penginapan di daerah Tanjong Katong. Biaya permalamnya cukup murah, kami hanya membayar 300ribuan untuk 2 malam/ orang nya.
  • Tiket Pesawat
Tiket pesawat berangkat kita dapatkan langsung di website Airasia dengan harga 500ribuan tanpa bagasi. Dan untuk tiket pulang kita dapat dari agen yang aku dapat di instagram (@tiketpesawat24). Awalnya kami sempat ragu-ragu karena harga yang ditawarkan cukup murah yaitu sekitar 450 rb tapi dilihat dari testimony akhirnya kita memberanikan diri untuk membeli di agen tersebut. Lagi pula system dari agen tersebut adalah issued dulu dari airasia setelah itu kita cek di website airasia & kemudian baru kita bayar ke agen tersebut. Artinya si agen ini terlebih dahulu bayar tiket pesawat itu ke airasia barulah setelah customernya sudah cek dia dapat uang pembayarannya.
  • Itinerary
Setelah semua persiapan sudah ditangan, saatnya mematangkan itin. Hari pertama kami akan berkeliling didaerah marlion park & marina bay sampai malam hari. Hari kedua kita akan ke sentosa island dan kemudian berbelanja di beberapa pusat perbelanjaan seperti china town, bugis street dan little India. Dan hari terakhir kita akan berkeliling ke Orchard road, pusat perbelanjaan barang mewah dan bermerk di Singapore. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah itin yang saya buat, klik disini