Kamis, 11 Agustus 2016

Antara Ciputat Dan Bintaro

Aku tiba-tiba ingin menulis sesuatu tentang temen-temenku yang pernah tinggal dan hidup bersama selama beberapa tahun kemarin. Mungkin karena aku mulai merindukan saat-saat kebersamaan itu, mungkin juga karena sudah lama tidak bertemu. Aku akan memperkenalkan beberapa temenku dari ketika aku tinggal dan hidup di Ciputat sampai Bintaro.

Di Ciputat (tahun 2011) aku pernah bercerita tentang awal mula aku terdampar disana, jadi akan langsung memperkenalkan temen-temenku tersebut. Semua nya berjumlah 7 orang, tiga diantaranya ngekos disebelah dan diatas tempat kami tinggal. Aku adalah yang termuda dari kakak-kakak tercinta itu. Tapi aku jadi yang tertinggi diantara teman sekamarku jadi aku sering digunakan untuk membereskan kayu jemuran yang lengser, mengganti lampu yang mati dan menyalakan listrik yang mati, yaah begitulah nasib orang tertinggi, wkwkwk.
1.     Tiara
Temenku ini berasal dari kota yang sama, yaitu Indramayu meskipun sebagian besar hidupnya tidak dihabiskan di kota itu. K’tia adalah temen sekamarku. Orangnya workaholic, beberapa bulan terakhir sebelum akhirnya kita pisah, k’tia selalu berangkat kerja setelah subuh dan pulang malem, karena lokasi kerjanya yang cukup jauh dari rumah kos kita. K’tia juga suka drama-drama korea yang ceritanya berat. Dia rajin mengikuti pengajian dan beberapa acara keagamaan, dia juga hobi jalan-jalan.
2.     Miftarini
Kakak yang satu ini tinggal bersama keluarganya di Bekasi, dia ngekos di daerah Ciputat karena waktu itu masih kuliah di UIN Jakarta. Cewe yang kini berprofesi sebagai guru ini juga menyukai drama-drama korea. Tapi denger-denger dia udah ga seupdate dulu lagi tentang drama korea. K’Mifta tinggal disebelah kamarku. Dia percaya banget bahwa sifat orang bisa diketahui berdasarkan golongan darah, aku tau hal itu juga karena dia lho. Sebelumnya aku ga pernah tau kalo sifat seseorang bisa diketahui dengan golongan darah.
3.     Bilqis
Aku banyak sharing tentang drama dan lagu korea dengan mba Qiqi. Sebelum akhirnya pindah ke kota asalnya di Bima, NTB, dia adalah seorang mahasiswi UIN dan juga seorang guru les private. Mba Qiqi selalu menggunakan sebutan “ade” ke setiap temen yang usianya lebih muda, termasuk aku. Jadilah temen-temen kosan jadi manggil aku “ade” sebagai bahan ledekan karena paling muda. Dia ini dulunya teman sekamar K’Mifta, tapi entah apa sebabnya sempet diem-dieman dengan K’Mifta. Sekarang udah damai yaaa… hehehe
4.     Malihatun
Setelah K’Mifta ga lagi tinggal bersama kami, Mba atun tinggal di kamar itu selama beberapa bulan. Diantara semuanya, dulu mba atun satu-satunya orang yang ga tau golongan darahnya apa. Berdasarkan sifatnya, anak-anak menebak mba atun bergolongan darah AB, tapi ternyata tebakan kita salah, hahaha. Mba atun ini orang nya semangat, banyak hal yang bisa di share dengan mba atun. Dia juga pecinta drama Korea. Setelah pindah dari kosan mawar, aku dan mba atun sempet tinggal bareng berdua. Dulu bisa dibilang kerjaannya ini berangkat pagi pulang tengah malem, beberapa kali jatuh sakit karena kerjaannya yang seabrek. Sama dengan K’tia, mba atun juga rajin menghadiri pengajian dan beberapa acara keagamaan.
5.     Retno
Mba Retno dulunya tinggal disebelah kos kami. Kenanganku yang ga terlupakan bareng mba eno ini, dulu pernah nobar bola Asean games (kalo ga salah) Indonesia melawan Negara lain (lupa Negara apa) di Stadion Gelora Bung Karno. Cewe yang bangga banget sama Timnas Indonesia ini juga pecinta drama korea. Akhir-akhir ini aku dan mba eno sering share tentang drama korea dan Running man. Pernah beberapa kali ketemuan Cuma karena tukeran drama & Film Korea. Dulu mba eno ini suka galau di media sosial tentang kerjaannya yang seabrek. Mba eno juga hobi baca buku, dia juga suka bosenan sama media sosial. Facebook & Line nya sudah ditutup tapi kemudian dibuka kembali, pernah bilang bosen dengan path, instagram & mau nutup tapi sampai sekarang dua2nya udah diaktifin lagi. Yah begitulah dia.. wkwkwk.


6.     Sumayah
Ibu yang kini memiliki satu orang putra ini dulunya tinggal diatas kosan kami. Dia ini paling rame diantara kami, paling tinggi juga diantara kami semua. Dia pernah mengira sahurnya kelewat karena K’sensi pasang alarm dengan suara adzan. Kosannya juga pernah kebanjiran gara-gara seluruh air kosan mati tapi dia dan k’sensi pergi dengan kondisi keran yang masih menyala. Dulu kami semua (kecuali k’sensi) melakukan hompimpah sebagai lucu-lucuan untuk menentukan siapa diantara kita yang bakalan nikah duluan, K’sumaya dan K’mifta mendapat urutan paling akhir tapi kenyataannya K’sumaya justru yang pertama memutuskan untuk menikah diantara kami semua. Dia pernah tinggal di Jordania selama beberapa bulan bersama suaminya.
7.     Sensi
Temen sekamar K’sumayah ini juga telah menikah dan memiliki seorang putra. Aku ga bisa bercerita banyak tentang k’sensi karena diantara yang lain aku ga begitu deket dengan k’sensi. Mungkin karena kita jarang ketemu kali ya. Tapi yang jelas sama dengan k’sumayah dia juga orangnya rame.


Meskipun kita semua pisah dan menjalani hidup kita masing-masing tapi di whatsApp kita punya grup Mawar, itu adalah salah satu cara agar silaturahmi kita masih tetap terjalin. Semoga saja suatu saat kita bisa berkumpul lagi seperti dulu ya..

Berikutnya, sekitar tahun 2012 setelah tinggal beberapa bulan di Cikampek aku kembali ke Jakarta tepatnya di Bintaro, Tangerang Selatan. Disana aku bekerja sekaligus hidup bersama beberapa rekan kerja juga. Rekan kerja ku itu tinggal tidak jauh dari kosanku. Mari aku perkenalkan mereka satu persatu :



  • Dewi
Dia adalah roommate ku jaman dibintaro. Kami masuk ke perusahaan itu barengan. Dulu sih dia kalo kerja ga jauh2 dari bondrex. Biasanya kalo lagi ngerjain myob kepala nya pusing dan minumlah itu bodrex. Jaman masih sekamar dia ga tertular virus korea dari ku. Tapi sekarang-sekarang ini entah ketularan siapa, dia jadi hobi nonton korea, hahaha.
  • Zuni
Mba Zuni biasa kami panggil Yuncong. Awalnya dia ngekos disebelahku dan dia tinggal dengan once & ance. Dulu sih waktu tahun-tahun pertama aku kerja disana kita suka ngumpul dikosannya atau dikosanku. Kadang pulang kerja kita suka jalan bareng ke Giant atau carefour. Enaknya punya rekan kerja sekaligus temen kosan ya gini, bisa jalan bareng2 rame2.
  • Rosa
Rosa atau kami suka panggil once. Diantara yang lain dia ini suka lemot suka tiba-tiba ga nyambung. Dia sekarang punya anak, kenalan dengan suaminya itu dari chating. Dia ini udah kaya upin dan ipin bareng ance. Dulu rambut panjangnya jarang dikeramas, Cuma kalo mu ngedate aja baru dah tuh keramasan. Mudah-mudahan sekarang udah berubah ya, hahaha.
  • Ana
Ana atau dipanggilnya ance ini adalah soulmate nya once dulu. Katanya dia bisa ngeliat hal-hal gaib. Dulu hobinya chating dan blind date ama cowo-cowo yang baru dikenal. Suaminya juga hasil dari chating dan blind date itu lho. Kenangan kami yang ga terlupakan adalah waktu aku, dewi dan ance menang kuis nobar bareng pemain film (lupa judulnya) di Mall daerah senayan. Pulang kerja kami bertiga nekat pergi, awalnya once ikut pergi juga namun kemudian batal karena ada kerjaan yang belum selesai. Karena lokasi Bintaro dan Senayan cukup jauh dan kita ga tau pulangnya gimana akhirnya aku dan ance ngajak temen cowo supaya pulangnya bisa dianter. Hari itu disana bener-bener bertabur artis Indonesia. Kita Cuma bisa duduk sambil ngeliatin mereka mondar mandir, hahaha.
  • Rere
Mba Rere punya panggilan rempong. Sesuai sama panggilannya dia emang suka rempong. Dia juga sama kaya aku, orang tuanya tinggal di Indramayu. Kenangan sama mba Rere ini dia pernah dikejar-kejar cowo yang juga rekan kerja kita. Cowo ini udah tergila-gila kali ya ama mba Rere, sebab suatu hari (kalo ga salah malem abis idul adha) saat itu kami kumpul di kantor untuk bakar-bakar daging, si cowo ini, sebut saja kumbang, nunggu didepan kantor kami, dia mohon-mohon supaya mba rere mau dianter pulang. Entah gimana asalnya, dia manggil mba rere “Bii”. Setelah si kumbang ini pergi dari depan kantor, kami para cewe lari dan kabur pulang. Kami semua nginep dikosanku.
  • Sari
Mba Sari punya panggilan “Bii” dari mba rere. Awalnya ya dari kisah yang aku ceritain diatas tadi. Tapi ga tau kenapa justru mba sari yang dipanggil “Bii” bukan mba Rere. Dia ini takut banget sama ondel-ondel, cinta banget ama Lee Seung Gi dan sama seperti aku, penyuka drama korea. Dulu dia sebagai staff operasi dan sekarang jadi secretaries direktur. Diantara kami semua Cuma Bii sari ini satu-satu nya yang masih bertahan di perusahaan itu.
  • Ayu
Dia punya dua panggilan, kami-kami sih manggil dia ayu tapi direktur kita dulu manggil dia syifa. Dulu dia sebagai secretaries direktur. Orangnya kalem, kalo ga salah sih cowo2 dikantor pada suka ama dia. Kalo nulis dan tanda tangan kriting kaya diukir-ukir, susah ditiru. Dulu kami berdelapan pernah maen futsal bareng. Grupnya berisi masing2 4 orang, nama grup kita Rempong vs Ramping Abis maen futsal kita rame-rame makan ayam penyet, besoknya semuanya pada sakit. Setelah itu kita kapok ga maen futsal lagi. Grup Rempong diketuai mba rere dan grup Ramping diketuai sama aku. Kalo ga salah waktu itu yang menang grup Ramping tapi aku lupa score nya berapa berapa.



Hmm..Kita ga akan pernah tau apa yang akan terjadi esok. Rasanya baru kemarin aku merayakan tahun baru 2014 bersama teman-teman menyaksikan kembang api di bintaro x change dan rasanya belum lama juga kita semua kumpul maen futsal bareng. Tahun depan atau bahkan bulan depan mungkin kita akan benar-benar berpisah semua. Bertemu teman baru berkumpul dengan teman baru. Seperti halnya ketika aku merasa belum lama berkumpul dengan anak-anak mawar. membicarakan tentang Korea, becanda tiap malem sampai akhirnya kita bener-bener berpisah semua.

Entah berapa kali aku selalu menulis tentang perpisahan. Tiap kali berpisah pasti akhirnya teringat perpisahan - perpisahan terdahulu. Ketika masih berkumpul kita tak pernah menyadari bahwa mungkin perkumpulan tersebut bisa jadi tak akan terulang lagi. Kita baru akan menyadari ketika semuanya benar-benar tidak terjadi lagi. Susah rasanya untuk mengumpulkan semua yang sudah sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Aku dan kalian, sulit untuk bisa kembali menjadi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar